Selasa, 05 Oktober 2010

Communication is ......... #fill it

Berawal dari sbuah status teman di salah satu jejaring sosial yang perlahan mulai ditinggalkan karna terkalahkan jejaring burung #jadi bingung itu jejaring buat burung, ato buat orang... Yah berawal dari status dia, tiba2 jadi kpikiran smua plajaran2 yg gw dapet di bangku kuliah dulu *ceileeehh, gw.. 
Secara judulny aja communication, jadi pada tau lah gw ini lulusan ap.. Gak mungkin lulusan hukum, ato kedokteran..

Di status temen cowo gw yang namany kayak nama subuh2 gituh, dia bilang "communication is irreversible". Dan gw langsung ngelike tuh status...trus kepikir 3karakter laennya dari komunikasi yang biasa disebut2 bareng si irreversible. Hmm, bela2in ampe nanya sama Mbah Sjuta Umat a.k.a Mbah Gugel, ahirnya ditemukanlah 4 prinsip komunikasi interpersonal, yaitu :
Communication is inescapable
Communication is irreversible
Communication is complicated
Communication is contextual
#tepuktanganbangga
Yah, 4 karakter yang dulu sangat gw inget. Bukan karna gw niat bgt buat blajar komunikasi, tapi emang karna tuh karakter bener2 nyata. It's real. Komunikasi, mau tidak mau, tak pernah bisa terhindarkan dalam hidup kita. We can not not to communicate (lupa quote dari sapa, abis tanya Mbah Gugel katany punya Paul Watzlawick-red.). Dan ketika kita uda berucap, komunikasi itu tak pernah bisa ditarik lagi. It's irreversible. Yah, meski lo uda minta maap beribu-ribu maap, itu gak mengubah sedikitpun sejarah bahwa lo uda berucap sesuatu yang mungkin nyinggung orang. Dia complicated, rumit karna stiap kepala beserta isinya yang dimiliki stiap orang itu berbeda. Makanya, di ajuga kontekstual, tergantung sikon.. ada konteks psikologis, relasional, situasional, environmental, dan kultural (ngutip lagi dari si Mbah - red.).

Jadi berpikir ulang. 
Sebegitu rumitnya sbuah komunikasi, hingga begitu banyak masalah yang bisa timbul karenanya.
Ilmu masih gak bisa memecahkan smuanya. 
Karna seberapa banyak pun ilmu yang lo miliki, even itu ilmu komunikasi.. tetep gak jadi jaminan bahwa lo bisa.. lo uda cukup lihai dalam berkomunikasi.
Yang dibutuhin hanya sedikit rasa, sedikit peka, sedikit mengerti.. tentang orang lain.. dan juga ttentang keegoisan diri.
Dan gw, dibalik gelar kesarjanaan gw, masih belajar keras buat itu.

rabu, 10.15
di ruangan biasa, dengan kondisi tubuh yang kurang fit
begitu pula hati ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar